Jumat, 28 September 2012

6 Langkah Memulai Bisnis E - Commerce

Infokus Info - 6 Langkah Memulai Bisnis E - Commerce Commerce merupakan bentuk sederhana dari e-business yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu sisi pembelian (buy side) dan sisi penjualan (sell side). Dalam praktiknya, e-commerce mempunyai beberapa bentuk. Pertama B2B (Business to Business), yaitu e-commerce antar perusahaan. Kedua, B2C (Business to Customer), yaitu e-commerce dari perusahaan ke konsumen. Ketiga, C2C (Customer to Customer), yaitu e-commerce dari konsumen ke konsumen),

Bisnis online memang sedang berkembang seiring perkembangan teknologi. Bahkan menurut harian online ibukota, sebanyak 2/3 warga Jakarta tengah keranjingan e-commerce, baik sebagai pembeli, penjual maupun perantara. Dari segi hukum, e-commerce mempunyai beberapa keunggulan dibanding perdagangan konvensional, antara lain birokrasi lebih pendek, pembeli tidak terbatas area geografis, transportasi efesien, barang tidak harus ready stock, serta biaya investasi dan operasional yang lebih murah.

Untuk memulai e-commerce yang paling penting adalah kita mempunyai sebuah rencana bisnis (business plan) yang jelas.

1. SEO (Search Engine Optimization)

membahas tentang bagaimana cara membuat sebuah website mudah dicari orang dengan berada di halaman pertama dari search engine dengan kata kunci yang tepat pada sasaran. Materi yang diberikan antara lain SEO On Page, SEO Off Page, Google Adwords dan Social Networking Marketing.

2. Workshop Membangun Toko Online

memberikan pelatihan membangun sebuah website berbasis toko online yang memiliki konsep user friendly, yaitu bisa dibangun dengan mudah oleh user (sekalipun tidak memiliki kemampuan programming) dan memiliki karekteristik SEO friendly.


3. Sistem Pembayaran Online

membahas sistem pembayaran online yang berlaku secara Internasional. PayPal, mulai dari registrasi, bagaimana melakukan transaksi melalui Paypal dan meletakkan PayPal di website.

4. Membangun Bisnis Melalui Facebook

membahas bagaimana memaksimalkan Facebook sebagai sarana untuk berpromosi dengan memaksimalkan fasilitas Fan Page, Group dan Facebook Marketing.

5. Sistem Affiliate : Strategi Ampuh Melipat Gandakan Bisnis

membahas tentang apa itu sistem affiliate, bagaimana cara memiliki affiliate atas produk sendiri dan bagaimana cara membangun sistem affiliate dalam sebuah website.

6. Membangun Database dengan Autoresponder

membahas bagaimana cara membangun database yang kuat melalui sebuah sistem yang disebut Autoresponder. Sistem ini memampukan seorang user melakukan berbagai bentuk Follow Up yang bersifat otomatis yang mampu menggiring pengunjung menjadi anggota dari list Anda, bahkan melakukan banyak hal yang Anda inginkan.

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. Menarik sekali artikelnya, saya jadi bisa melihat perkembangan<a href="http://imersmuda.com/perkembangan-e-commerce-di-indonesia/
    “>e commerce di indonesia</a> yang saat ini sedang naik daun.

    BalasHapus